Tuesday, April 10, 2012

RI Miliki Peluang Besar di Sektor Aplikasi Mobile
Dananjoyo Kusumo / Jurnal Nasional
Kalau pemerintah dapat meningkatkan peran pengembang tanah air di bidang aplikasi mobile bakal mendatangkan devisa miliaran rupiah.


Jurnas.com | ALLIED Business Intelligence (ABI) Research mencatat sedikitnya ada 29 miliar aplikasi mobile yang diunduh smartphone di seluruh dunia pada 2011. Jumlah itu meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar sembilan miliar unduhan.

Kalau pemerintah dapat meningkatkan peran pengembang tanah air di bidang aplikasi mobile bakal mendatangkan devisa miliaran rupiah. Perhitungan ABI Research menyatakan, jika pengembang Indonesia bisa mengambil 0,5 persen dari sekitar 145 juta unduhan dengan biaya Rp1.000 per unduhan diperkirakan mampu menghasilkan Rp145 miliar.

"Dalam industri kreatif digital ini merupakan peluang besar bagaimana bisa menghadirkan perangkat keras dan lunak beserta dengan aplikasi dan konten yang menarik minat pasar, lokal dan global," kata Staf Ahli Menkominfo bidang Teknologi, Kamarullah Ramli, di Jakarta, Selasa (10/4).

Industri kreatif digital memiliki sisi komersial yang menggiurkan dan menjanjikan jika dapat digarap dengan baik. Dan semua negara dapat mengembangkannya karena sifat industri ini yang terbuka, kompetitif, dan transparan.

Jika sisi komersial itu bisa dikembangkan dengan kreativitas tinggi, imbuhnya, maka peluang yang terbuka bukannya hanya pasar lokal tapi juga global. "Industri teknologi informasi dan komunikasi sangat menjanjikan di masa depan. Mulai dari produk software edukasi, animasi, game, sampai automasi dan robotika," ujar Kamarullah di sela-sela pembukaan Indonesia Information and Communication Technology Award (Inaicta) kepada wartawan.


Sumber : Jurnas

0 comments:

Post a Comment