Saturday, May 5, 2012

AS Luncurkan Satelit Komunikasi Militer Terbaru

weebau.com
Gambar rekaan seniman akan satelit AEHF.

MOSKWA, KOMPAS.com - Kantor berita Rusia RIA Novosti, Sabtu (5/5/2012), melansir kabar bahwa Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah meluncurkan satelit komunikasi generasi terbaru ke orbit.

Satelit ini adalah satelit kedua yang akan menjadi bagian dari jaringan satelit terbaru, untuk meningkatkan komunikasi dan kendali atas berbagai kekuatan militer AS di seluruh dunia.

RIA Novosti mengutip kabar dari laman space.com yang menyebutkan sebuah roket Atlas 5 meluncur dari pusat luar angkasa USAF di Cape Canaveral, Florida, Jumat (4/5/2012) pukul 14.42 waktu setempat (Sabtu dinihari WIB).

Roket tersebut membawa satelit Advanced Extremely High Frequency 2 (AEHF 2), yang diharapkan akan mencapai orbit setinggi 36.000 kilometer dari permukaan Bumi dalam tiga bulan mendatang.

Satelit ini akan menjadi kelanjutan dari sistem komunikasi Milstar yang terdiri atas lima satelit dan diandalkan militer AS sejak era 1990-an. Sistem jaringan AEHF sendiri dijadwalkan akan terdiri atas enam satelit.

Peluncuran AEHF 2 sedianya dijadwalkan pada 3 Mei, tetapi ditunda karena masalah pada roket Atlas 5. Satelit AEHF 1 sudah diluncurkan lebih dulu pada Agustus 2010, tetapi baru mencapai orbitnya pada Oktober 2011 karena masalah pada sistem pendorong satelit. (RIA Novosti/DHF)

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment