New Delhi (ANTARA News) - India, China dan Rusia (IRC) akan membahas isu-isu regional dan internasional serta cara untuk memperdalam kerja sama di antara mereka selama pertemuan penting tiga pihak di Moskow, Jumat.

"Tiga menteri luar negeri akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global saat ini, lapor IRNA.

"Mereka juga akan meninjau kemajuan dari mekanisme yang ada seperti juga untuk mengeksplorasi jalan baru bagi kerja sama dalam kerangka IRC," kata Departemen Luar Negeri di New Delhi, dan menambahkan Menteri Luar Negeri SM Krishna akan memimpin pihak India untuk pertemuan segitiga ke-11.

Memperhatikan bahwa Pertemuan itu berlangsung pada menjelang KTT BRIC keempat di sini yang dihadiri oleh tiga menteri, mereka mengatakan kehendak segitiga antara lain membantu memperkuat niat baik dan kepercayaan di antara tiga negara seperti yang disaksikan selama KTT New Delhi.

Ini akan menjadi pertemuan tiga menteri luar negeri ketujuh. Dua yang terakhir pertemuan diadakan di Wuhan, China pada 2010 dan Bengaluru pada tahun 2009.

RIC, yang dibentuk untuk menjalin kerja sama antara ketiga negara berkembang, dibayangi oleh grup Brasil-Rusia-India-China (BRIC) yang muncul sebagai kelompok internasional yang berpengaruh.

Selain isu strategis, RIC memfokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan bantuan bencana, pertanian dan kesehatan masyarakat, memperdalam komunikasi antara kalangan akademik, industri dan bisnis, serta mempromosikan kerja sama multilateral dan hubungan internasional yang demokratis.

Krishna juga akan memimpin bersama pertemuan pada hari yang sama yang diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun ke-65 pembentukan hubungan diplomatik antara India dan Uni Soviet/Federasi Rusia yang jatuh pada 13 April, kata kementerian itu. (AK)

Editor: B Kunto Wibisono

Sumber : Antara