Thursday, May 17, 2012

Sejarah Militer
Kapal Tempur USS Iowa Akan Menjadi Museum Terapung

Kapal tempur utama USS Iowa sedang menembakkan meriam-meriam kaliber 16 inci dalam sebuah latihan bersama NATO, Desember 1988.

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Kapal tempur utama (battleship) Angkatan Laut AS, USS Iowa, yang menjalankan berbagai misi bersejarah pada Perang Dunia II, sedang dalam perjalanan terakhirnya menuju Pelabuhan Los Angeles. Kapal yang berusia hampir 70 tahun itu akan dijadikan museum terapung di Los Angeles.

Kapal perang raksasa, yang sudah dipensiunkan tahun 1990 tersebut, sudah selesai menjalani restorasi di Richmond, California utara, dan akan ditarik ke Pelabuhan Los Angeles, Minggu (20/5/2012) nanti. Kapal diharapkan tiba di Los Angeles tanggal 24 Mei.

Kapal dengan ukuran panjang 270,43 meter; lebar 32,97 meter; dan menjulang setinggi 53,34 meter di atas permukaan laut, itu akan menjadi satu-satunya museum kapal tempur di Pantai Barat AS saat dibuka pada 7 Juli nanti.

"Tak ada lagi kapal seperti ini dioperasikan oleh angkatan laut aktif di seluruh dunia. Semua sudah tenggelam, atau dijadikan besi tua, atau menjadi museum. Iowa adalah kapal tempur terakhir yang mencari tempat peristirahatan akhir," tutur Robert Kent, Presiden Pacific Battleship Center, lembaga nirlaba yang akan mengelola museum USS Iowa.

Kapal yang resmi dioperasikan pada 1943 itu tercatat pernah terlibat dalam beberapa misi bersejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah saat membawa Presiden AS Franklin D Roosevelt menyeberang Samudra Atlantik menuju Teheran, Iran, tempat konferensi tingkat tinggi dengan Perdana Menteri Winston Churchill dan pemimpin Uni Soviet Josef Stalin digelar pada 1943.

Kapal itu kemudian dikirim ke Samudra Pasifik untuk terlibat dalam gelombang serangan balik AS terhadap Jepang. Kapal yang dilengkapi sembilan pucuk meriam kaliber 16 inci (406 mm) itu turut memborbardir pulau karang Eniwetok dan Kwajalein dalam kampanye tempur untuk merebut Kepulauan Marshall dari tangan Jepang.

Kapal ini juga hadir di Teluk Tokyo saat penandatanganan menyerahnya Jepang pada 1945, dan turut serta dalam kampanye tempur di Perang Korea.


Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment