Tuesday, April 17, 2012

Kepemimpinan yang Efektif
Oleh Nugroho Angkasa


Jumat, 13 April 2012
"Fondasi dari kepemimpinan yang efektif ialah berpikir berdasarkan misi organisasi, mendefinisikan, dan menegakkannya secara tegas." - Peter Drucker (1909-2005)

Seorang pemimpin bertugas mengarahkan anggota tim agar mencapai keberhasilan bersama. Dalam konteks, pemimpin negara Indonesia berpenduduk 238 jiwa, tugas pemimpin adalah.

mensejahteraan rakyat dari Sabang sampai Merauke. Artinya, tanpa kehadiran pemimpin, niscaya kapal bangsa ini oleng tak beraturan. Dhus, peran pemimpin sangat signifikan. Ia ibarat seorang nahkoda.

Ada pula pendapat yang berasumsi bahwa pemimpin itu dilahirkan (born leaders). Mereka mendapat rahmat istimewa. Max Weber, seorang sosiolog kondang sempat membahas tentang kepemimpinan karismatik. Ia mendefinisikan kata 'karisma' (yang berasal dari bahasa Yunani) sebagai anugerah dari Hyang Ilahi.

Namun, setiap orang sebenarnya digariskan menjadi pemimpin atas dirinya sendiri (self leader). Artinya, kita musti giat dan disiplin melatih kualitas pribadi agar dapat menjadi pemimpin jempolan.

Apa kriteria seorang pemimpin? Antara lain, bertanggung jawab atas setiap tindakannya. Ia mampu menjelaskan, menginformasikan, mengajar dan memandu orang lain. Pemimpin juga musti berani mengambil keputusan secara tepat. Pun komitmennya terfokus pada kemaslahatan publik.

Selain itu, ia juga mau jujur dan siap bekerja keras. Sehingga dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk meneladani perilakunya. Meminjam istilah Ki Hadjar Dewantoro, Ing ngarso sung tulodho (Di depan memberi contoh)." Seorang pemimpin sudi mendengarkan, memahami, dan berbela rasa dengan para konstituennya.

Sepanjang sejarah peradaban manusia, kita memang bersua dengan banyak pemimpin. Namun, tak semua pemimpin tersebut menjadi besar. Pemimpin berkualitas mampu merubah kehidupan ratusan, ribuan, bahkan jutaan orang. Mereka dikenal karena integritas kepemimpinannya. Bahkan tetap dicintai dan dikenang walau telah meninggalkan dunia. Para Nabi dari setiap agama dan kepercayaan di dunia ialah contoh konkretnya.

Sirimavo Bandaranaike (1916-2000) merupakan seorang negarawati asal Sri Lanka. Nama lengkapnya ialah Sirimavo Ratwatte Dias Bandaraike. Ia menjadi perempuan pertama di dunia yang dipilih rakyat untuk menjadi perdana menteri (PM) dari sebuah negara. Ia menduduki jabatan tersebut karena suaminya - yang notabene merupakan PM Sri Lanka sebelumnya - mendadak terbunuh. Dari lembah kesedihan karena ditinggal suami tercinta, Bandaranaike bangkit dan membawa banyak perubahan konstruktif bagi bangsanya.

Nelson Mandela (1918 - ) adalah legenda hidup yang masih dimiliki dunia ini. Ia seorang pejuang persamaan derajat antara kaum kulit hitam dan putih di Afsel. Tahun 1964 Mandela bergabung dengan Kongres Nasional Afrika (ANC) untuk memerangi sistem apartheid (perbedaan warna kulit).

Ironisnya, tahun 1964 ia ditangkap dan dibui seumur hidup karena tuduhan hendak mengkudeta pemerintah. Namun, dari balik jeruji penjara, Mandela tetap melawan tanpa kekerasan (ahimsa) dan tetap menjadi simbol perjuangan persamaan hak rakyat.

Berkat tekanan dunia internasional, Mandela akhirnya dibebaskan dari penjara (1990). Setahun kemudian (1991), pemerintah menghapuskan peraturan diskriminasi terhadap warga kulit hitam. Tahun 1993, Mandela bersama Frederik Willem de Klerk (Presiden Afsel waktu itu) dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian. Tahun 1994, Mandela dipilih rakyat untuk menjadi presiden pertama Afsel yang berkulit hitam. Salah satu motto hidupnya, Only free man can negotiate, prisoners can not enter into contacts. (Hanya orang bebas yang bisa bernegosiasi, seorang tahanan tak bisa diajak berkomunikasi).

Muhammad Yunus (1940 -...) dalam upacara wisuda di MIT, 6 Juni 2008 mengungkapkan keteladanan nyata kepemimpinan (leadership). Sang pelopor mikrokredit ini mengatakan, "Kami menciptakan perusahaan untuk menghasilkan air minum berkualitas di sebuah dusun di Bangladesh. Kami berkolaborasi dengan perusahaan air terkemuka."

Mereka juga mendirikan rumah sakit mata spesialis operasi katarak dan setiap tahun mampu melayani 10.000 pasien. Sedangkan di bidang teknologi informasi, mereka menandatangani kesepakatan dengan sebuah pabrikan komputer. Sehingga, pelayanan berbasis IT kepada masyarakat miskin terakomodasi. Proses pemasaran, pendidikan, dan pengiriman uang berjalan lancar.

Dalai Lama (1935 - ) merupakan seorang Timeless Teacher alias Guru Sepanjang Masa, gelar bagi pemimpin spiritual rakyat Tibet. Arti harfiahnya, Ocean of Wisdom (Samudera Kebijaksanaan). Beliau dipercaya sebagai manusia spesial. Kenapa? Karena, ia 'seorang' berjiwa agung yang memilih lahir kembali untuk melayani umat manusia dengan nama asli Tenzin Gyatso. (Leaders: 2007)

Pasca invasi RRC pada 1959, Dalai Lama terbang ke India dam mendirikan pemerintahan Tibet dalam pengungsian di Dharmasala. Beliau menjadi Dalai Lama pertama yang bepergian ke dunia Barat untuk mengajarkan Budhisme. Sekaligus untuk menggalang dukungan bagi kemerdekaan rakyat Tibet. Salah satu prinsip hidupnya, "Perubahan tak datang dari langit, tapi dari tindakan manusia." (Change does not come from the sky but from human action).

Dalam paribasan Kejawen ada petuah, Janma tan kena kinira. Artinya, jangan suka menganggap remeh dan memandang rendah sesama. Siapa pun dia walau hanya orang miskin, ia adalah manusia yang menyimpan kekuatan tak terduga.

Mbah Amir (70) adalah seorang pengamen jalanan. Setiap hari (dari jam 08.00-13.00 WIB) beliau memetik 23 senar kecapi di bilangan Tirtodipuran, Yogyakarta. Seniman sejati ini tak merasa sungkan mencari nafkah secara halal. Mbah Amir lebih terhormat ketimbang anggota parlemen yang mengkorup uang rakyat dan lantas bersaksi dusta di ruang sidang. ***

Penulis adalah guru PKBM Angon (Sekolah Alam),
alumnus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sumber : Suara Karya

0 comments:

Post a Comment